Surat Pribadi

Contoh Surat Pribadi – Zaman dahulu, surat digunakan untuk memberikan kabar baik itu kepada teman, keluarga, sanak saudara, dan lain sebagainya. Hampir semua menggunakan surat karena memang belum ada solusi lain selain membuat surat. Akan tetapi, berbeda dengan era sekarang ini yang sudah serba canggih.
Seseorang tidak perlu kebanyakan menulis surat karena sudah ada alat khusus, baik itu smartphone atau yang lain yang dapat digunakan untuk memberi kabar dan informasi kepada orang lain.
Meski demikian, tetap saja surat menyurat diperlukan di era seperti sekarang ini. Misalnya saja ketika Anda akan membuat surat kuasa, surat dinas, surat melamar kerja, dan lain sebagainya.
Dan tidak menutup kemungkinan pula Anda akan menulis surat untuk keluarga, kekasih, saudara ataupun teman. Karena dengan menggunakan surat di era seperti sekarang ini, seseorang akan merasa lebih dihargai keberadaanya. Juga sebagai bentuk empati terhadap orang-orang yang disayang.
Surat juga diperlukan untuk kawasan yang di dalamnya masih belum ada akses internet. Sehingga dengan adanya surat, maka informasi atau kabar yang Anda berikan akan sampai ke tangan pembaca.
Nah, untuk memudahkan Anda dalam membuat surat, pada kesempatan ini akan diulas mengenai surat pribadi dan berbagai penjelasan tentangnya. Supaya Anda tidak salah dalam menulis surat dan benar-benar bisa dipahami oleh orang yang dituju nantinya.
Contents [show]

Pengertian Surat Pribadi

pengertian surat pribadi
pixabay.com
Beberapa orang masih merasa kebingungan tentang apa itu surat pribadi. Ada juga yang sudah tahu apa itu surat pribadi namun masih kebingungan mengenai contoh surat pribadi itu sendiri. Nah, supaya Anda tidak salah paham dan bisa memiliki pemahaman yang utuh tentang surat pribadi, berikut adalah pengertian tentang surat pribadi yang bisa dijadikan sebagai tambahan pengatahuan Anda.
Surat pribadi sendiri adalah sebuah tulisan atau surat yang dibuat oleh orang tertentu kepada seseorang. Adanya surat pribadi ini tertujuan untuk memberikan informasi atau kabar tertentu kepada orang lain.
Surat pribadi ini memiliki jumlah penulisan yang tidak terbatas. Anda bisa menulis dengan jumlah halaman sesukanya. Akan tetapi, untuk jenis surat ini Anda perlu menuliskan beberapa hal wajib di dalamnya. Mulai dari tanggal, alamat yang dituju, kata untuk menyapa, pembukaan, isi serta penutup. Yang kemudian di bagian akhir diberi nama pengirim sekaligus tanda tangannya.

Surat pribadi ini tidak memiliki aturan yang baku sebagaimana contoh surat yang resmi. Meski demikian, saat menulis jenis surat pribadi, Anda harus memakai bahasa yang sopan dan mudah dipahami oleh pembaca.
Selain itu, bahasanya juga harus komunikatif. Dan tidak kalah penting untuk diketahui adalah surat pribadi merupakan jenis surat yang sifatnya rahasia atau privasi sehingga hanya boleh diketahui oleh dua orang saja.
Surat pribadi sendiri tujuannya tidak hanya sebatas memberikan suatu kabar atau informasi saja, namun ada juga yang membuat surat pribadi dengan tujuan untuk menceritakan isi perasaan dan hatinya kepada orang lain. Tujuannya adalah supaya orang yang menerima surat tersebut mengetahui dan ikut merasakan isi hatinya.
Akan tetapi, sebagaimana yang sudah diketahui bahwa di era sekarang ini, banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan media lain untuk memberitahukan suatu informasi atau kabar tertentu, tidak menggunakan surat pribadi.
Ada beberapa alasan kenapa banyak orang yang sebagian besar tidak memilih memakai surat pribadi, di antaranya adalah pesan yang diberikan tidak cepat sampai kepada si penerima. Berbeda dengan mengirim pesan menggunakan smartphone dimana penerima bisa langsung membaca hanya dalam hitungan detik.
Hal itu lebih disebabkan karena jarak. Semakin jauh jarak antara pengirim surat dengan penerimanya, maka akan semakin lama pula sampainya pesan kepada penerima. Maka di jaman sekarang banyak yang lebih memilih menggunakan telegram, facebook, whatsApp, BBM, SMS dan lain sebagainya untuk menyampaikan suatu pesan.
Beberapa aplikasi chat di atas memang tidak sama sepenuhnya dengan surat pribadi, namun sudah sangat membantu untuk menyampaikan informasi atau kabar dengan cepat tanpa harus ribet dan menunggu terlalu lama. Dan sebenarnya, jika difikir-fikir surat pribadi yang ditulis dengan manual dengan yang diketik via aplikasi intinya adalah sama saja, yaitu menyampaikan kabar atau informasi atau memberitahukan informasi kepada orang lain.

Ciri-Ciri Surat Pribadi

ciri ciri surat pribadi
Untuk bisa memahami tentang surat pribadi selain mengetahui tentang pengertian atau definisinya, juga penting untuk mengetahui ciri-ciri dari surat pribadi itu sendiri. Secara umum, ada beberapa ciri-ciri dari surat pribadi yang penting untuk diketahui. Berikut ulasan selengkapnya mengenai ciri-ciri surat pribadi tersebut.
  • Umumnya, surat pribadi selalu mengandung berbagai bentuk kata sapaan. Biasanya, kata sapaan di dalam surat pribadi sifatnya privasi atau rahasia. Dan umumnya, kalimat atau kata sapaan dituangkan pada surat bagian atas.
  • Ciri surat pribadi yang selanjutnya adalah kalimat atau bahasa yang dipakai untuk menuliskan surat tidaklah terlalu resmi atau formal. Bahkan banyak yang memilih untuk menggunakan bahasa sehari-hari. Akan tetapi, meski demikian, surat pribadi harus tetap menggunakan bahasa yang santun, sopan, dan juga mudah untuk difahami oleh pembaca.
  • Di dalam surat pribadi biasanya akan memakai berbagai macam jenis bahasa di dalam tulisannya. Hal ini disesuaikan dengan sang penerima dari surat tersebut.
  • Sekalipun bentuknya adalah surat, namun senantiasa menggunakan kata-kata sapaan seperti saat bertemu secara langsung dengan sang penerima surat.
  • Biasanya, para penulis surat pribadi akan memakai kata ganti orang kedua, begitu juga dengan penerima surat yang sebaiknya juga menggunakan kata ganti orang kedua.
  • Penulisan untuk salam pembuka, isi, hingga bagian penutupnya sebaiknya memakai bahasa yang tidak formal atau menghindari bahasa yang terlalu resmi karena intinya ini adalah surat pribadi.
  • Ciri selanjutnya dari surat pribadi adalah ia memiliki format yang bebas alias tidak terikat. Semua isi tulisan tergantung dari keinginan dan minat penulisnya.
  • Bagian suratnya tidak mengandung kop atau nomor surat sebagaimana surat resmi yang biasa kita temui.
  • Sedangkan untuk isi surat pribadi biasanya ditulis karena kebutuhan komunikasi dengan orang-orang yang dekat dengan penulis dan kebetulan keduanya tidak sedang ada di tempat yang sama alias berjauhan.

Tujuan Surat Pribadi

tujuan surat pribadi
pixabay.com
Setelah mengetahui sebagian dari ciri-ciri surat pribadi, tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah tujuan dari surat pribadi itu sendiri. Sebenarnya, fungsi atau rujuan surat pribadi sangatlah banyak. Hal itu ditentukan oleh niat atau tujuan dari penulis surat yang bersangkutan.
Di antara tujuan dari surat pribadi adalah untuk dapat memberikan suatu informasi atau kabar dari seseorang kepada orang lain, baik keduanya berhubungan sebagai kekasih, teman, sahabat, keluarga, dan lain sebagainya. Pembuatan surat tersebut dikarenakan si penulis dan si penerima tidak sedang berada di tempat yang sama dan membutuhkan komunikasi khusus karena lama tidak dipertemukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini